Hanya pikiran spontan... hanya belajar...

Selasa, 03 Mei 2011

The Maccabees (166-129 BCE)

Kematian Alexander Agung dari Yunani di 323 SM menyebabkan pecahnya kekaisaran Yunani sebagai tiga jendral berjuang untuk supremasi dan membagi Timur Tengah di antara mereka sendiri. Ptolemeus kontrol dijamin Mesir dan Tanah Israel. Seleukus meraih Syria dan Asia Kecil, dan Antigonus mengambil Yunani.


Palestina terjepit di antara kedua saingan dan untuk 125 tahun ke depan Seleukus dan Ptolemies berjuang untuk hadiah. Yang pertama akhirnya menang di 198 SM ketika Antiokhus III mengalahkan Mesir dan dimasukkan Yudea ke dalam kerajaannya.Awalnya, ia terus membiarkan otonomi orang-orang Yahudi, tetapi setelah kekalahan menyengat di tangan Romawi ia memulai program helenisasi yang mengancam untuk memaksa orang Yahudi untuk meninggalkan tauhid mereka untuk paganisme orang Yunani '. Antiokhus mundur dalam menghadapi oposisi Yahudi upaya untuk memperkenalkan berhala di kuil-kuil mereka, tetapi anaknya, Antiokhus IV, yang mewarisi tahta pada tahun 176 SM kembali kebijakan asli ayahnya tanpa kecuali orang-orang Yahudi. Sebuah pemberontakan Yahudi singkat hanya mengeras pandangan dan membawanya untuk melarang prinsip-prinsip utama Yudaisme seperti hari Sabat dan sunat, dan menajiskan Bait suci dengan mendirikan mezbah bagi dewa Zeus, yang memungkinkan pengorbanan babi, dan membuka tempat suci untuk non -Yahudi.

Yahudi Hammer
Meskipun banyak orang Yahudi telah tergoda oleh kebaikan Hellenisme, tindakan ekstrim yang diadopsi oleh Antiokhus membantu menyatukan orang. Ketika seorang pejabat Yunani mencoba untuk memaksa seorang imam bernama Matica untuk membuat kurban kepada dewa pagan, orang Yahudi membunuh orang itu. Bisa ditebak, Antiokhus mulai pembalasan, tetapi pada 167 SM orang-orang Yahudi meningkat di belakang Mattathias dan lima putranya dan berjuang untuk pembebasan mereka.

Keluarga Mattathias dikenal sebagai Makabe, dari kata Ibrani untuk "palu," karena mereka berkata kepada serangan pukulan palu terhadap musuh-musuh mereka. Yahudi mengacu pada Makabe, tapi keluarga lebih sering dikenal sebagai Hasmoneans.

Seperti penguasa yang lain sebelum dia, Antiokhus meremehkan kehendak dan kekuatan musuh Yahudi dan mengirim pasukan kecil untuk meletakkan pemberontakan.Ketika itu sudah dimusnahkan, ia memimpin pasukan yang lebih kuat ke dalam pertempuran hanya untuk dikalahkan. Pada tahun 164 SM, Yerusalem direbut kembali oleh Makabe dan Kuil dimurnikan, sebuah peristiwa yang melahirkan liburan dari Chanukah.
Yahudi Regain Kemerdekaan mereka

Butuh waktu lebih dari dua dekade pertempuran sebelum Makabe memaksa Seleukus untuk mundur dari Palestina. Pada saat ini Antiokhus meninggal dan penggantinya setuju untuk menuntut orang-orang Yahudi 'untuk kemerdekaan. Pada tahun 142 SM, setelah lebih dari 500 tahun penaklukan, orang-orang Yahudi kembali tuan nasib mereka sendiri.

Ketika Mattathias meninggal, pemberontakan itu dipimpin oleh Yudas putranya, atau Yehuda Maccabee, karena ia sering disebut. Pada akhir perang, Simon adalah satu-satunya dari lima anak-anak Mattathias untuk bertahan hidup dan dia mengantarkan ke dalam periode 80 tahun kemerdekaan Yahudi di Yudea, sebagai Tanah Israel sekarang disebut. Kerajaan kembali batas tidak jauh dari dunia Salomo dan kehidupan Yahudi berkembang.

Para Hasmoneans mengaku tidak hanya takhta Yehuda, tetapi juga jabatan Imam Besar. Ini penegasan otoritas keagamaan bertentangan dengan tradisi para imam yang berasal dari keturunan Musa saudara Harun dan suku Lewi.

Tidak butuh waktu lama bagi faksi-faksi yang bersaing untuk mengembangkan dan mengancam kesatuan kerajaan. Pada akhirnya, perpecahan internal dan munculnya kekuasaan kekaisaran lain adalah untuk mengakhiri kemerdekaan Yahudi di Tanah Israel selama hampir dua abad.

(terjemahan dari http://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/History/Maccabees.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar