Hanya pikiran spontan... hanya belajar...

Jumat, 27 Mei 2011

Judgement Day May21?

Harold Camping, 89 thn 
sumber: viva news


Wahh... sayang sekali sebelum tanggal 21 Mei kemaren,  saya sangat sibuk sampai melalaikan topik yang penting bagi dunia ini. Bayangkan saja ada orang yang sampai meninggalkan pekerjaannya demi untuk memberitahukan orang-orang sekelilingnya bahwa tanggal 21 Mei akan terjadi hari penghakiman, ya simpelnya disebut hari kiamat. Ada yang menjual hartanya dan membagikannya ke panti sosial, ke orang miskin, dll.  Fenomena ini sering terjadi, dimana orang yang mendengar berita tentang akhir zaman menjual hartanya dan hanya menanti kedatangan Kristus. Kristus pasti datang,  jadi baiknya kita berjaga-jaga dan bersiap selalu. Tidak ada yang tau kapan waktu dan saatnya.

Sebelum membahas topik sesungguhnya, mari kita melihat hal lain yang tak kalah menariknya. Suatu ilmu yang membahas tentang hari kiamat ini disebut dengan eskatologi. Apa itu eskatologi? Eschatologi berasal dari bahasa Yunani 'Eschatos' yang mengandung arti 'Hari Terakhir', 'Masa atau Saat yang kemudian'. disebutkan 5 kali dalam Injil Yohanes, Yesus menggunakan kata ini berhubungan dengan kebangkitan orang-orang benar yang telah meninggal (Yoh. 6 : 39, 40,44,54; 11: 24). Dalam konteks ini 'Eschatos' menunjuk pada saat kedatangan Kristus kedua kali ke dunia (1 Kor. 15 :52;  1 Tes. 4 : 16).



(dikutip dari jurnal Eschatology - Dogmatika 4 , oleh Pdt. E. Damanik, S.Th)
Sepanjang sejarah gereja ajaran ini tidak terlupakan, walaupun tidak ada masa dimana eskatologi menjadi pusat pemikiran kristen yang menonjol. Adapun tanda-tanda dari akhir zaman itu adalah (Mat 24 :3 - 14):
  1. Munculnya Mesias Palsu
    1. St. Germain. Ajaran : Manusia dapat menjadi Allah dan kristus bagi dirinya
    2. Rev. Soon Moon Soong berkata : Yesus pertama di Israel, maka Yesus kedua kali dari Korea Selatan
    3. Sai Baba berkata : Setiap perkataan Sai Baba adalah perkataan Kristus. Sai Baba adalah Avatar, titisan Kristus
    4. Lord Maitreya berkata : Saya adalah titisan Kristus.
  2. Deru Perang: Perang Dunia I, II. Perang Korea, Vietnam, Perang Teluk, perang menjatuhkan rezim Saddam Hussein
  3.  Bangsa vs Bangsa, Kerajaan vs Kerajaan
  4. Kelaparan
  5. Gempa Bumi: di lndonesia, Gempa Nabire, Alor, Aceh
  6. Aniaya
  7. Banyak orang murtad
  8. Munculnya Nabi Palsu
    1. Jim Jones (Guyana), dari kelompok : Peoples Temple, kira-kira 900 orang meninggal minum racun dalam kebaktian di Guyana tahun 1976
    2. David Moses, dari kelompok Children Of God
    3. Mary Baker Eddy, dari kelompok  Christian Science
    4. Charless Taze Russel, dari kelompok Saksi Yehuwa
    5. Mangapin Sibuea (sumber: dari media) 
    6. Kedurhakaan meningkat
    7. Injil diberitakan dimana-mana
    8. Berhimpunnya kembali bangsa Israel
    9. Gerakan Antikristus dinyatakan (2 Tes. 2: 1 - 12)
-000-

Topik ini gempar lagi disebabkan buku yang ditulis oleh Harold Camping "The Biblical Calender of History" (<-- silahkan donlot). Camping adalah seorang insinyur sipil yang menjadi pendeta. 

Well... mata keriting membacanya, anyway poin pentingnya adalah (dikutip dari tulisan Claude Mariottini, Guru Besar Perjanjian Lama, Northern Baptist Seminary):

Camping percaya bahwa Allah telah memberikan kita kalender lengkap dari penciptaan kepada Kristus. Termasuk dalam kalender ini adalah tanggal yang tepat untuk akhir dunia. Berikut ini adalah ringkasan singkat dari data dalam bukunya The Biblical Calender of History.

Pertama, Camping percaya dunia diciptakan pada 11.013 SM Ia tiba pada tanggal ini dengan mulai tanggal ketika pembangunan candi dimulai pada hari Salomo (1 Raja-raja 6:1), kemudian menelusuri generasi dari para leluhur melalui Adam.Argumennya adalah bahwa silsilah dalam Kejadian 5 tidak mewakili hubungan ayah-anak langsung, tetapi mereka titik acuan yang mengacu pada rentang waktu antara satu generasi dan lainnya.Camping berargumen bahwa modifikasi dari kronologi yang diterima panjang Uskup James Ussher, yang, dengan menggunakan hubungan ayah-anak dalam silsilah Kejadian 5, menyimpulkan penciptaan yang terjadi pada tanggal 23 Oktober, 4004 SM


Kedua, dengan mengembangkan kronologi dan berhubungan dengan teks Alkitab, Camping menyimpulkan bahwa banjir di zaman Nuh terjadi pada tanggal 21 Mei 4990 SM bukan pada 2348 SM, tanggal yang diusulkan oleh Ussher.


Ketiga, menurut Kejadian 7:10, Nuh dan keluarganya pergi ke tujuh hari Tabut sebelum air bah itu datang di atas bumi. Dimulai dengan pernyataan ini, Camping menyimpulkan bahwa sejak sehari dengan Tuhan adalah sama dengan satu ribu tahun (2 Petrus 3:8), maka penghakiman terakhir akan terjadi 7.000 tahun setelah air bah, yaitu pada tanggal 21 Mei 2011.


Keempat, dalam mengembangkan kronologi nya, Camping juga menyimpulkan bahwa ulang tahun ke-13.000 dunia dijadikan terjadi pada tanggal 21 Mei 1988. Menurut dia, pada hari itu Roh meninggalkan gereja, umur gereja berakhir, dan masa kesusahan dimulai. Menurut Camping, periode kesusahan akan berlangsung 23 tahun. Ini 23 tahun kesusahan dimulai pada akhir zaman gereja pada tanggal 21 Mei 1988 dan akan berakhir pada hari penghakiman, 21 Mei 2011.


Jadi, menurut Camping, pada 21 Mei 2011 orang percaya dalam Kristus akan diambil dari kehidupan di dunia ini untuk bersama Tuhan selamanya. Seluruh umat manusia, mereka yang mati tanpa Kristus, akan tertinggal untuk mengalami penghakiman Allah, yang akan dimulai pada tanggal 21 Mei 2011. Periode penilaian orang fasik akan berlangsung tepat lima bulan.


Setelah lebih dari lima bulan, akhir dunia akan terjadi pada tanggal 21 Oktober 2011.Menurut Camping periode lima bulan diumumkan dalam Kejadian 7:24: "Dan air membengkak di bumi selama seratus lima puluh hari," yaitu, lima bulan 30 hari. Lima bulan juga ditegaskan dalam Wahyu 9:3-5, yang mengumumkan masa siksaan berlangsung lima bulan bagi orang-orang yang tidak memiliki meterai Allah pada dahi mereka.Dengan demikian, dalam perhitungan Camping's, 21 Mei 2011 akan menjadi hari yang mengerikan, tapi lebih buruk masih akan datang karena pada tanggal 21 Oktober 2011, Allah benar-benar akan menghancurkan ciptaan-Nya. 
(kiamat diundur menjadi 21 Oktober 2011, silahkan baca ulasannya di sini). 


-000-

Beberapa kesalahan prediksi kiamat:

1. 22 Oktober 1844
 Seorang pengkhotbah aliran Millerite, Samuel S. Snow meramalkan dunia akan berakhir 22 Oktober 1844, berdasarkan apa yang diyakini sebagai petunjuk kiamat di Kitab Daniel. 
 Di hari itu, ribuan orang yang percaya terlanjur menyerahkan apapun yang mereka miliki. Mereka terkejut ketika hari itu, tak ada apapun yang terjadi. Kiamat tak datang. Hari itu terkenal dengan 'The Great  Disappointment' atau 'Kekecewaan Besar' yang membuat aliran   Millerite terpecah. 

2. 1806 

Banyak yang percaya peringatan kiamat akan disampaikan oleh seorang nabi. Di Leeds, Inggris, peran nabi itu diwakili oleh seekor ayam! 'The Prophet Hen of Leeds' -- demikian ayam itu dijuluki, mengeluarkan telur yang bertuliskan pesan 'Kristus telah datang'. 
 Kala itu, banyak orang mengunjungi lokasi ayam tersebut, melihat langsung telur menakjubkan itu, dan lalu meyakini kiamat  akan segera datang. Orang-orang yang percaya tiba-tiba menjadi  sangat relijius, rajin berdoa siang dan malam, dan bertobat atas  segala perilaku jahat mereka di masa lalu. 
 Namun, isu itu berakhir saat beberapa orang yang penasaran mengawasi ayam saat  bertelur. Ternyata, telur ajaib itu adalah ulah para penipu. Belakangan diketahui, telur yang ditulisi tinta korosif dimasukkan dengan paksa ke rahim ayam betina. 
 Mendengar fakta itu, orang-orang yang terlanjut yakin tentu saja kaget. Tapi toh mereka tertawa keras-keras, menertawakan kebodohan sendiri. Saat itu, bagi mereka, dunia terlihat lebih indah dan menyenangkan.

3. 21 Desember 1954
 Seorang ibu rumah tangga dan mahasiswa, Dorothy Martin mengaku melakukan kontak dengan mahluk Planet Clarion. 
Para alien mengatakan mereka akan menghancurkan Bumi dengan banjir bah. Hanya umat beriman yang bakal selamat. Mereka akan dievakuasi piring terbang, tengah malam sebelum bencana menerjang Bumi.
 Terdengar aneh? Memang. Namun, ada saja yang percaya. Para pengikutnya -- sebagian terlanjur berhenti kerja dan menyerahkan semua harta miliknya -- mendekam di dalam rumah masing-masing, menunggu jemputan alien. 
 Untuk menghindari terbakar radiasi piring terbang, para pengikut menyingkirkan semua besi yang ada dari tubuhnya termasuk resleting dan pengait bra. Tengah malam tiba, orang-orang yang percaya ini makin gelisah. Akhirnya pada pukul 04.45, Martin mengaku mendapatkan pesan lain dari mahluk Planet Clarions -- bahwa Tuhan sangat terkesan dengan tindakan para pengikutnya dan berubah pikiran. Tuhan memutuskan membatalkan kiamat.

4. Tahun 2000
 Bahwa kiamat akan tiba tahun 2000 diprediksi oleh Hal Lindsey melalui dua bukunya, "The Late, Great Planet Earth," yang terbit tahun 1970 dan "Planet Earth 2000 A.D.: Will Mankind Survive?" terbit tahun 1996 menulis, bahwa umat Kristen tak perlu membuat rencana masa depan setelah tahun 2000.
 Namun, ramalan itu meleset. Meski rekam jejaknya cacat karena kengawurannya itu, Lindsey masih aktif dalam dunia menulis, pada 2008 ia menulis sebuah kolom di situs konservatif WorldNetDaily: menuduh Barack Obama antikristus. 

5. Oktober atau November 1982
 Pat Robertson dalam siaran radio tahun 1980 berjudul 'The 700 Club' mengatakan, "saya menjamin, akhir 1982 akan menjadi hari penghakiman." 
 Namun, ramalan itu hanya omong kosong. Saat terbukti salah Robertson berkilah, Tuhan membatalkan sejumlah bencana. Seperti tsunami dahsyat di Pantai Barat pada 2006 dan serangan teroris pada 2007 -- keduanya juga tak terbukti. "Aku memiliki rekam jejak yang baik, hanya kadang-kadang aku meleset," klaim dia.
(sumber: Christian Science Monitor, diterjemahkan oleh VIVANews) 


-000-

Menurut Dr. Mariottini:

1. Tidak ada yang tahu hari yang tepat atau tahun penciptaan. Saya tidak menerima pandangan bahwa silsilah dalam Kejadian merupakan hubungan ayah-anak, tapi untuk percaya bahwa mereka mewakili generasi, yang dikatakan Campingdalam bukunya, masih membutuhkan banyak juggling bukti Alkitab.


2. Tidak mungkin untuk mengatakan dengan tingkat kepastian bahwa banjir terjadi pada tanggal 21 Mei 4990 SM Untuk menerima suatu tanggal untuk banjir, maka orang harus menerima kronologi Camping secarapenuh, suatu kronologi yang berpijak pada landasan yang sangat lemah.


3. Ada beberapa kelemahan dasar dalam kronologi Camping. Izinkan saya menyebutkan hanya dua. Camping mengatakan jatuhnya Samaria, ibukota Kerajaan Utara, di 709 SM Tanggal ini bertentangan dengan setiap dokumen sejarah, termasuk catatan Asiria. Tanggal historis diterima untuk jatuhnya Samaria adalah 722 SM

Camping mengatakan bahwa Kristus lahir di 7 SM dan bahwa ia disalibkan di 33 M. Ini berarti bahwa Kristus adalah 40 tahun ketika ia meninggal. Tapi catatan Camping bertentangan dengan apa yang dikatakan Alkitab tentang pelayanan Yesus: "Yesus sekitar tiga puluh tahun ketika ia mulai bekerja Nya" (Lukas 3:23). pelayanan Yesus berlangsung sekitar tiga setengah tahun.

4. Alkitab jelas tentang kedatangan Tuhan: "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, baik malaikat-malaikat di sorga, maupun Anak, hanya Bapa" (Matius 24:36). Jika Bapa di surga tidak mengungkapkan hari kembalinya Kristus untuk malaikatnya ataupun Anak-Nya sendiri, apa yang membuat Camping seperti orang khusus yang Allah memilih untuk mengungkapkan tanggal ini misterius padanya?

-000-

So.. berita-berita seperti ini akan ada bergulir lagi. Kita sebagai orang percaya kepada Kristus, kita tak perlu takut dan kehilangan fokus dalam mengerjakan keselamatan kita. Keep learn from the source, holybible.  In the end, remember this:
2Tes 2:1 Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara, 
2Tes 2:2  supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba
2Tes 2:3  Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, 
2Tes 2:4  yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. 
2Tes 2:5  Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu? 
2Tes 2:6  Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya. 
2Tes 2:7  Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan, 
2Tes 2:8  pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali. 

1 komentar: