Hanya pikiran spontan... hanya belajar...

Jumat, 24 Februari 2012

Doa dan Action

"jika kamu sudah berdoa, segera untuk action. Jika kamu tidak yakin, lebih baik tidak usah berdoa untuk meminta apapun"
Suatu hari kuberjalan menyusuri pinggiran tol. Rasanya sesak di dada ini, rasa ingin marah, hanya karena terlalu letih bekerja. Dan hari itu adalah hari yang overload bagiku. Sekesal-kesal hati ini, aku tetep menjaganya agar tidak meledak marah-marah. Aku berusaha memikirkan hal yang indah, hanya untuk mengusir perasaan marah dalam hati. Semua cara dan semua hal indah dipikirkan tak membuat reda amarah ini.

Sampai akhirnya aku tertambat pada satu cara, "berdoa". Ya... berdoa dalam hati, bertanya pada Tuhan. Tiba-tiba aku mengingat bahwa aku dan hidupku sedang berjalan bersama-sama dengan Tuhan. Aku memberanikan diriku untuk bertanya, "Tuhan... aku bosan... aku capek.. kenapa Engkau tidak memberikanku sebuah mobil. Kan aku sudah pernah berdoa untuk itu". Tak sadar aku menyeracau tidak jelas dan sama sekali lari dari alur cerita. Apa yang aku minta saat itu, jauh dari akar masalah yang sebenarnya yang aku alami.



Taaada... ajaibnya... Tuhan menjawabku. Dan aku juga terheran-heran kenapa aku bisa mendengar-Nya. Sungguh jawaban yang jauh dari dugaan dan harapanku, "apakah kamu yakin?". Hahh.... jawaban seperti apa itu. Aku tercengang dan tidak dapat menjawab. Tiga kata yang mengguncang perasaanku saat itu. Tiga kata itu menghentikan semua rasa marahku. Aku merasa malu sekali. Selama ini aku berdoa, aku meminta tetapi aku tidak yakin.

Tiga kata jawaban yang berupa pertanyaan itu menunggu jawabku. rasanya speechless, tidak dapat berkata lagi. Aku menyesal, aku merasa bodoh atas amarahku. Tiga kata itu terus terngiang-ngiang di benakku. Aku tidak yakin. Aku minta ampun kepada Tuhan.

Sungguh... setiap kali kita berdoa meminta sesuatu dari Tuhan, terlebih dahulu kita harus yakin bahwa kita telah mendapatkannya. Keyakinan kita itu menunjukkan bahwa kita itu menghormati Dia, kita menganggap Dia mampu dan Dia adalah sumber kita.

Uppss... bagaimana jika apa yang kita minta kita tidak tau bahwa permintaan kita itu tidak disetujui oleh-Nya. Atau dengan kata lain permintaan kita tidak sesuai dengan kehendak-Nya? Jika permintaan kita tidak disetujui-Nya, biasanya kita nanti pasti diberi tahu. hal yang penting adalah kita menunjukkan rasa hormat kita kepada Tuhan. Penghormatan kita kepada Tuhan akan membuka pintu-pintu berkat yang tertutup.

Ketika kita sudah yakin dengan apa yang kita minta, tidak sulit bagi kita untuk langsung action. Tidak ada gunanya bagi kita berdoa tanpa keyakinan bahwa doa kita itu pasti akan dijawab. Di sini yang penting adalah jalinan proses tindakan kita untuk mencapai tujuan. Doa mendeskripsikan tujuan kita, tetapi action adalah prosesnya. keduanya tidak bisa dipisahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar