Hanya pikiran spontan... hanya belajar...

Rabu, 13 April 2011

Gan, Yuukk.. Membaca Alkitab

Sudahkah Anda membaca alkitab hari ini? Alkitab adalah Firman Allah. Bagaimana kita dapat mendengar suara Tuhan dan berjalan bersama-Nya jika kita tidak membaca Firman-Nya. Suara Tuhan yang pertama kali dapat kita dapat melalui Firman Tuhan. Kita dapat megenal Tuhan Yesus melalui alkitab yang kita baca. Iman itu terbentuk melalui pendengaran dan pendengaran akan Firman Kristus.

Pada zaman Taurat, Tuhan berfirman kepada Israel, dan Firman Tuhan yang dapat mereka dengar melalui nabi-nabi Tuhan itu harus mereka lakukan. Tujuan mereka melakukan perintah Tuhan itu adalah keselamatan. Berbeda dengan zaman kasih karunia pada saat ini. Barangsiapa yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, sudah diselamatkan. Kita masih melakukan perintah-perintah Tuhan itu, karena kita sudah diselamatkan. Kita melakukan perintah Tuhan itu, karena kita mengasihi Tuhan.

Pengorbanan Kristus telah memberikan akses kita untuk datang kepada Bapa. Tetapi tidak cukup akses bebasnya saja. Kita perlu bersekutu dengan Bapa. Kita harus dapat menggunakan akses bebas itu untuk bersekutu dengan Bapa. segala petunjuk untuk persekutuan dengan Bapa itu ada tertulis di dalam alkitab. Alkitab adalah sepenuhnya Firman Tuhan yang sangat bermanfaat.

"Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran". 2 Tim 3:16.

Jika demikian, berarti dalam pembacaan alkitab haruslah sampai kita dapat menemukan pengertiannya. Agar pembacanya dapat melakukan apa yang tertulis di dalamnya. Banyak orang yang membaca alkitab hanya untuk mengejar target menamatkan alkitab dalam satu tahun. That's ok. Mungkin kali perama, kedua bahkan ketiga, pembaca alkitab belum dapat mengerti apa maksud ayat-ayat yang dibaca, tapi baca saja. Minta Roh Kudus untuk berbicara kepada kita, agar kita dapat mengerti Firma Tuhan itu.

Ada hal yang sangat penting untukdiketahui dalam membaca alkitab:

  1. Berdoalah terlebih dahulu. Ijinkan Roh Kudus membukakan rahasia Firman Tuhan itu.
  2. Janganlah membaca alkitab karena ingin terlihat lebih kudus (baca: lebih terhormat). Pahamilah maksud Firman Tuhan itu agar kita dapat melakukan Firman Tuhan itu.
  3. Firman Tuhan adalah perkataan Allah sendiri, so... Firman Tuhan dapat mengubah hidupmu


Saat membaca alkitab singkirkan prasangka apapun yang membuat kita membenarkan diri sendiri, Ps Sonny EZ
"Read your holybible is not make you look more holy, but it can help you know how you walk today" .me
Worship will open your heart, but it's the Word that will change your lifeAR.Bernard 
-000-


Alkitab adalah buku yang luar biasa,tercetak dalam jutaan copy setiap tahunnya, diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia. Ditulis oleh kurang lebih 40 orang penulis yang tersebar di berbagai tempat dan dipisahkan oleh kurun-kurun waktu. tetapi isinya dapat saling mendukung, yaitu memberitakan tentang Kristus. Alkitab merupakan satu-satunya buku, yang ketika kita membacanya, penulisnya hadir bersama-sama dengan kita, bersedia menjelaskan apa yang kita tak mengerti saat membacanya. Saya pernah bertemu langsung dengan sang penulis buku yang telah saya beli. Rasanya senang sekali dapatbertemu langsung dengan penulis buku yang kita baca itu. Rasanya senang jika penulis buku itu dapat membubuhkan tanda tangannya di atas buku nya yang telah kita beli dan akan kita baca itu. 


Saat membaca alkitab dengan tuntunan Roh Kudus membuat kita lebih bergairah hidup, karena kita bertemu langsung dengan Sang Penulisnya. 
Sayang sekali tidak banyak orang kristen yang menyediakan waktunya untuk membaca surat cinta dari Sang Pencipta itu. Alkitab yang adalah grand design Allah, bak manual book untuk hidup kita itu. Akibatnya banyak orang kristen tidak tau bangaimana harus menjalani hidupnya, dan yang paling konyol adalah orang kristen yang tidak mengenal siapa Tuhan yang (katanya) disembahnya. Alkitab disamakan dengan buku-buku lainnya. Padahal banyak sekali rahasia dan janji-janji Allah yang terkandung dalam alkitab itu.


"Sekalipun Kutuliskan baginya banyak pengajaran-Ku, itu akan dianggap mereka sebagai sesuatu yang asing". Hosea 8:1

-000-

Bagaimana alkitab dapat sampai ke tangan kita? Ada beberapa teori tentang penulisan alkitab:

  1. Natural inspiration. Orang-orang Liberal berkata bahwa alkitab ini sama seperti buku-buku Shakespear lainnya. Sama seperti Shakespear memperoleh inspirasi untuk menulis karya-karya sastranya.Sehingga menurut mereka alkitab tidak ada beda dengan buku2 lain. alkitab hanya mengajarkan moral yang tinggi saja. Alkitab sama seperti buku lain yang penuh dengan kesalahan.
  2. Partial Inspiration. Allah memberikan idenya, konsepnya. Alkitab adalah ide Allah. Penulis alkitab adalah pengembangnya. - berarti alkitab bukan FT sepenuhnya.
  3. Verbal Plenary Inspiration. Allah mengilhamkan perkataan-Nya sepenuhnya kepada penulis alkitab. Alkitab adalah Firman Tuhan. Allah mengimspirasikan kata tiap kata kepada penulis untukdituliskan.
  4. Teori Mekanis/ dikte. Ketika penulis menuliskan alkitab, mereka dalam keadaan tidak sadar.

Alkitab adalah inspirasi Allah. Setiap huruf telah dituliskan oleh jari yang maha kuasa. setiap kata datang dari bibir yang kekal. Setiap kalimat didektekan dari RK. - CH Spurgeon.

Apakah CH Spurgeon menganut teori yang keempat?

"sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah". 2 Pet 1 : 21

Inilah yang dimaksudkan CH Spurgeon: Para penulis alkitab menuliskan alkitab diilhamkan oleh Allah, setiap kata. Bukan berarti mereka tidak sadar, tetapi setiap kata yang tertulis adalah apa yang Tuhan kehendaki, di dalam kendali Roh Kudus.

-000-

Temans, tanpa banyak bicara lagi, saya hanya mau mengajak teman-teman untuk menyediakan waktu untuk membaca alkitab, merenungkan Firman Tuhan itu siang dan malam, bersekutu dengan Tuhan. Nikmati persekuan dengan Tuhan. Berkat-berkat itu ga kemana deh. :) Selamat menikmati persekutuan yang indah bersama dengan Tuhan Yesus Kristus. Gan, Yuukk.. Membaca Alkitab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar