Hanya pikiran spontan... hanya belajar...

Minggu, 04 Juli 2010

Gold

ditulis 27 Des 2009

Andrew Russel berkata, "apa yg ada dlm benakmu ketika dikatakan Afrika?".

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yg sama, ketika kita ditanya, "apa yg kamu pikirkan tentang Papua?". Wow... Petama kali yg saya pikirkan adalah Gold, emas. Dan pikiran saya memikirkan "emas Papua" setelah diteliti sama spt "emas nya Israel".

Bisa kita buktikan dari 2Taw 9 dan 1 Raj 10. Menurut sejarah setiap 3 thn sekali (pardon me if I'm wrong), kapal Tarsis berangkat ke arah timur. Dari pelabuhan bagian Selatan Israel berlayar ke Timur.

Alkitab mengatakan kekayaan bangsa2 akan datang kepadamu. Dari Arab, dari Libanon, dari Timur datangnya kekayaan Salomo, dari China - sutera, dari Hongkong - wangi2an, dari Kalimantan- monyet, dari India - burung merak, Afrika-gading gajah, Maluku-rempah2, dari Papua - emas. Tidak heran mengapa jenis emas Papua sama seperti emas di Israel. Note: Indonesia disebut negara rempah2 oleh Belanda. (So... Bisa jadilah klo salah satu org majus adalah org Indo... Hehe... Ngarep mode on). If the star is different, kecerlangannya berbeda, sptnya tdk diperlukan ahli astrologi, pedagang mampu membacanya.

Sejak 3000 thn lalu, bangsa2 datang melakukan perdagangan di Yerusalem, mereka datang ke Yerusalem. Dan kebiasaan/ buadaya Israel pun dipelajari oleh bangsa2, salah satunya adalah budaya bercerita, ayah ke anak. Sehingga cerita2 org Israel pun menyebar ke seluruh dunia, dan disampaikan ke anak cucu mereka.

Tentang nubuatan Yesus pun dapat terdengar oleh orang2 Timur. dan kemungkinan besar org majus adalah org2 Asia, org2 pedagang, org2 pintar. Pedagang = saudagar, dlm bahasa Persik, sau-banyak, dagar-akal, saudagar = banyak akal, org pintar. Pada zaman itu, org2 pintar pasti terlibat dengan perdagangan. Perdagangan membuat pertukaran budaya itu sedemikian cepat.

Supplier rumah Tuhan selalu berdatangan ke Yerusalem, krn berdagang dengan Raja Salomo itu selalu menguntungkan. Semakin banyak org yg semakin penasaran dengan hikmatnya Raja Salomo. Semakin byk yg ingin berbisnis dengan Salomo. Seperti Ratu negeri Syeba, membawa beberapa karyawannya utk bisa training langsung, melihat kesempurnaan pelayanan yg diberikan oleh karyawannya Salomo.

So, apa yg ada dipikiranmu ttg Papua? Think out of the box. Perbendaharaan pengetahuan bisa membuat kita membuka mata dan menyadari hal2 yg org lain tidak sadari. Pengetahuan menciptakan kebenaran sendiri bagi diri kita. Memang belum tentu apa yg kita anggap benar adalah benar dimata Tuhan. Namun, kebenaran atau sesuatu yg kita anggap/ setuju bahwa itu benar akan membawa kita kepada damai sejahtera dalam mengambil keputusan.

Seperti halnya Andrew Russel, ide gila (changing mind) yg membuat dia yakin utk mengubah pola pikir teman2 sebangsanya. Afrika juga bisa produce coffee. 14 kali gagal, tdk membuat dia menyerah, malah mengantarkannya ke gerbang kesuksesannya.

Perubahan hrs dimulai dari pikiran kita sendiri. Perubahan pikiran juga diawali oleh bersedia menerima pengetahuan. Pengetahuan itu sendiri haruslah disertai oleh pengertian. Pengertian yg dikerjakan itu akan membuahkan hasil.

So let we learn more, perolehlah hikmat, tetapi yg lebih berharga adalah pengertian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar