Hanya pikiran spontan... hanya belajar...

Senin, 06 September 2010

5 Kunci Pertanyaan untuk menetapkan prioritas

diterjemahkan dari tulisan Brian Tracy

Bagian penting dari manajemen waktu pribadi bagi Anda adalah meluangkan waktu untuk melihat ke masa depan. Proyek lima tahun ke depan dan berpikir tentang apa yang Anda inginkan. Membuat gambaran mental yang ideal, masa depan Anda yang terbaik dan kemudian berpikir tentang langkah-langkah yang harus diambil, mulai hari ini, untuk membuatnya menjadi kenyataan. Ingat, tidak masalah dari mana Anda berasal. Semua yang benar-benar penting adalah di mana Anda akan pergi.

Pikirkan tentang hal-hal yang ingin Anda capai, sehingga masa depan Anda fokus pada tujuan daripada berfokus pada masa lalu. Fokus pada peluang dan bukan masalah. Pikirkan tentang solusi dan apa tindakan spesifik yang Anda bisa ambil, daripada hal-hal yang tidak beres dan siapa yang harus disalahkan. Terus bertanya, "Ke mana kita pergi dari titik ini" Seperti John Maynard Keynes berkata, "Kita harus memberikan banyak pemikiran untuk masa depan, karena di situlah kita akan menghabiskan sisa hidup kita."

Di banyak perusahaan, 80 persen dari waktu orang senior dihabiskan pada masalah kemarin bukan pada peluang besok. Terus memikirkan cara-cara yang Anda dapat ubahkan dari hal-hal yang Anda lakukan hari ini, sehingga fokus masa depan Anda adalah konsisten dengan apa yang Anda inginkan.

Proyek 5 tahun ke depan:

Gary Hamel dan C.K. Prahalad, para perencana strategis yang menulis buku, 'Bersaing untuk Masa Depan' mendorong para pengambil keputusan untuk proyek beberapa tahun ke depan ketika mereka melakukan perencanaan strategis. Mereka mendorong eksekutif untuk membayangkan bahwa perusahaan mereka adalah perusahaan terkemuka di industri ini beberapa tahun di masa depan. Mereka kemudian mengidentifikasi produk, layanan, pasar, dan khususnya keterampilan, bakat, dan kemampuan yang mereka perlu untuk pemimpin industri lima tahun dari sekarang. Akhirnya, mereka mendorong para pemimpin bisnis untuk mulai segera mengembangkan keterampilan inti dan kompetensi yang perlu untuk pemimpin pasar di masa mendatang. Anda harus melakukan hal yang sama.

Fokus pada 20 persen pertama:

Dalam menetapkan prioritas, ingat bahwa 20 persen pertama dari setiap tugas biasanya menyumbangkan 80 persen dari nilai tugas-tugas itu. Setelah Anda mulai mengerjakan tugas itu, 20 persen pertama dari waktu yang Anda habiskan untuk merencanakan dan mengatur sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tugas biasanya mencakup 80 persen dari keberhasilan Anda. Dalam menetapkan prioritas, selalu fokus pada kepalan 20 persen tugas. Dapatkan itu dan menyelesaikannya. 80 persen berikutnya akan cenderung mengalir mulus sekali dari 20 persen pertama selesai.

Jika Anda berada dalam penjualan, dapatkan penunjukan awal di mana Anda bertemu tatap muka dengan pengambil keputusan adalah 20 persen transaksi pertama. Tapi itu mencakup 80 persen dari nilai dalam proses penjualan. Presentasi, penutupan penjualan, tindak lanjut, pengiriman produk atau layanan, dan seterusnya, mewakili 80 persen kedua yang hanya 20 persen dari nilai.

Lupakan hal-hal kecil ...

Sementara menetapkan prioritas, tidak pernah menyerah pada godaan untuk membersihkan hal-hal kecil dulu. Jangan mulai di bagian bawah daftar Anda dan bekerja sampai tugas-tugas penting di atas. Jangan biarkan diri Anda untuk mendapatkan kegiatan macet dalam prioritas rendah. Jangan besar di bawah umur. Seperti Goethe berkata, "Hal-hal yang paling penting tidak boleh di bawah kekuasaan hal-hal yang terkecil."

Kecenderungan alamiah dari sifat manusia adalah mengikuti Hukum Perlawanan Terkecil. Dalam manajemen waktu dan pekerjaan pribadi, ini berarti bahwa kita memiliki kecenderungan alami untuk memulai tugas-tugas kecil, berpikir bahwa segera setelah kita hangat, kami akan meluncurkan ke tugas besar kami dan meningkatkan produktivitas.

Berikut adalah apa yang saya temukan. Ketika Anda mulai dalam tugas-tugas kecil, mereka mulai berkembang biak, seperti kelinci di musim semi. Ketika Anda mulai membersihkan tugas-tugas kecil Anda, Anda tampaknya lebih menarik dan lebih kecil tugas untuk bekerja yang pada akhirnya, tidak meningkatkan produktivitas. Semakin lama dan semakin keras Anda bekerja, tugas yang lebih kecil tampaknya timbul. Pada akhirnya, Anda akan habis, dan Anda tidak akan mencapai sesuatu yang bernilai. Mulailah dengan pekerjaan Anda yang paling penting pertama.

Berikut adalah 5 pertanyaan kunci untuk menetapkan prioritas:

Ini adalah pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri Anda secara teratur untuk memastikan bahwa Anda bekerja pada prioritas utama Anda dan mendapatkan yang paling dilakukan yang mungkin bagi Anda.

1. Why am I on the payroll? Tanyakan diri sendiri apakah yang Anda lakukan sekarang adalah hal yang paling penting bahwa Anda telah direkrut untuk bekerja. Jika bos Anda sedang duduk di hadapan Anda menonton Anda, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda dari apa yang Anda lakukan saat ini?

Berikut adalah latihan. Buatlah daftar segala sesuatu yang Anda pikir Anda telah direkrut untuk melakukannya dan bawa ke bos Anda. Mintalah atasan Anda untuk mengatur daftar ini bekerja menurut prioritas. Apakah atasan Anda memberi tahu Anda apa yang penting dan apa yang paling penting. Sejak saat itu dan seterusnya, karya tunggal-pikiran terarah pada tugas-tugas yang menganggap pertimbangan atasan Anda menjadi lebih penting.


2. Apa saja aktivitas bernilai tertinggi saya? Ingat, hanya ada tiga hal yang Anda lakukan bahwa perhitungan untuk sebagian besar nilai kerja Anda, dimana kegiatan Anda berkontribusi nilai terbesar untuk perusahaan Anda? Jika Anda tidak yakin, mintalah orang-orang di sekitar Anda. Semua orang tahu hal yang paling penting bahwa orang lain harus lakukan.


3. Apa kunci utama dari bidang yang saya hasilkan? Hasil spesifik apa yang Anda dapatkan dalam melakukan pekerjaan yang hasilnya sangat baik? Dari semua wilayah hasil kunci, yang paling penting?


4. Apa yang bisa saya, dan hanya saya yang bisa lakukan, jika dilakukan dengan baik akan membuat perbedaan nyata? Apakah hal yang, dari jam demi jam, yang hanya Anda yang dapat melakukannya dan, jika Anda melakukannya dengan baik, akan memberikan kontribusi signifikan terhadap bisnis Anda? Ini adalah sesuatu yang tidak ada orang lain dapat melakukannya untuk Anda. Jika Anda tidak melakukannya, maka tidak akan dilakukan. Melakukan tugas ini, melakukannya dengan baik, dan melakukannya dengan segera dapat berdampak besar pada karir Anda.


5. Apa hal yang paling berharga yang akan saya lakukan untuk menggunakan waktu saya, sekarang? Ini adalah pertanyaan kunci dalam manajemen waktu. Setiap perencanaan waktu dan keterampilan manajemen berorientasi di sekitar membantu Anda menentukan jawaban yang benar untuk pertanyaan ini setiap saat sepanjang hari. Apa hal yang paling berharga dalam waktu Anda sekarang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar